Bahaya Kelenjar Tiroid Membesar ( Gondok )

Bahaya Kelenjar Tiroid Membesar .- Gondok merupakan penyakit yang timbul akibat bengkaknya kelenjar tiroid yakni kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak tepat di bawah jakun yang memiliki fungsi penting dalam tubuh yakni sebagai penghasil hormon tiroid yang memiliki peranan penting dalam berbagai proses kimiawi dalam tubuh kita.

bahaya kelenjar tiroid membesar

Gejala yang paling mudah dikenali dari penyakit gondok ini ialah berupa timbulnya benjolan di sekitar leher, dimana ukurannya dapat berpariasi pada tiap penderitanya mulai dari ukuran yang kecil hingga besar.

Benjolan yang berukuran kecil biasanya tidak menyebabkan gejala apa pun. Meski demikian, benjolan tersebut dapat memengaruhi pernapasan serta menyebabkan penderita sulit menelan jika bertambah besar.

Selain timbulnya benjlan gejala lain dari penyakit gondok ini ialah berupa sesak nafas, suara menjadi serak, sulit bernafas dan menelan.

Penyakit gondok bisa menyerang siapa saja mulai dari anak sampai dewasa.Selain itu ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit gondok,dan berikut adalah beberapa faktor berikut :

  1. Usia. Risiko gondok meningkat seiring bertambahnya usia.
  2. Jenis kelamin. Wanita memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan pria.
  3. Faktor keturunan. Memiliki anggota keluarga yang mengidap kanker tiroid atau penyakit autoimun akan meningkatkan risiko penyakit gondok.
  4. Obat-obatan seperti amiodarone dan imunosupresan.
  5. Kehamilan dan menopause. Risiko gangguan tiroid meningkat pada saat wanita sedang hamil atau menopause, tapi penyebabnya belum diketahui dengan pasti.

Anda perlu mewaspadai dan segera melakukan pengobatan yang serius jika terjadinya pembengkakan tiroid atau gondok terus membesar karena itu akan berbahaya.

Apa Bahaya Kelenjar Tiroid Membesar ?

Menurut dokter Indra Wijaya, SpPD,M.Kes depertemen penyakit dalam fakultas kedoteran universitas pelita harapan siloam karawaci hospital yang saya kutip dari detik.com beliau mengatakan untuk mengetahui sejauh mana bahaya atau tidak bahayanya benjolan yang kian membesar perlu diketahui penyebabnya.

Untuk itu sangat perlu di lakukan evaluasi terhadap pembesaran kelenjar tiorid yang terjadi untuk mencari penyebab dan jenis dari pembengkakan tersebut.Mengingat ada dua jenis pembengkakan pada kelenjar tiroid yakni benign ( jinak ) dan Malignant ( ganas ).

Dan pembengkakan kelenjar tiroid bersifat malignant lah yang berbahaya karena biasanya disebabkan oleh kanker tiroid, limfoma tiroid primer, dan metastasis atau penyebaran kanker dari organ lain.

Jika sudah menyangkut penyakit kanker maka jelas itu akan sangat berbahaya dan dapat mengancam jiwa,mengingat sampai saat ini penyakit kanker merupakan salah satu jenis penyakit pembunuh dan cukup sulit untuk disembuhkan serta diperlukan biaya tinggi untuk mengobatinya.

Untuk itu jangan pernah anggap sepele pembengkakan kelenjar tiroid atau penyakit gondok,segera atasi dan obati serta lakukan pemeriksaan jika anda saat ini mengalaminya sehingga penyakit gondok yang anda derita tidak berkembang menjadi kanker.

Dan salah satu pengobatan yang dapat anda lakukan ialah dengan cara alternatif yakni dengan konsumsi obat herbal gondok.

Demikianlan informasi tentang Bahaya Kelenjar Tiroid Membesar ini semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta menjawa rasa ingin tahu anda.Terima kasih banyak sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana ini dan sampai jumpa.

Jangan lupa bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat !

Post By

Bahaya Kelenjar Tiroid Membesar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *